Buku Sosial Politik - Komunikasi Propaganda Suatu Pengantar

 Buku Sosial Politik - Komunikasi Propaganda Suatu Pengantar


Penulis         : Muhajir Affandi
Kategori       : Buku Ajar
Bidang Ilmu : Buku Sosial Politik

Buku Sosial Politik - Komunikasi Propaganda Suatu Pengantar | Buku Sosial Politik ini adalah bahan ajar pada mata kuliah Propaganda dan Buku ini pun mencoba mengambil posisi dalam ikut memperkaya khazanah ilmu dan informasi tentang komunikasi propaganda khususnya, umumnya ikut memperkaya khazanah ilmu komunikasi secara luas. Dalam buku ini memaparkan secara ringkas dan diharapkan mudah difahami agar mahasiswa bisa mengikuti, memahami dan mengaplikasikan buku ini dalam kebutuhan sehari-hari.

“Propaganda”, sebuah kata yang popular namun kini telah kehilangan maknanya karena tertutupi oleh stigma-stigma negatif yang melingkupi dirinya. Suatu hal yang umum ketika kata ”propaganda” terdengar atau terlihat maka kata tersebut tidak terlepas dari stigma negatif yang berkaitan dengan propaganda tersebut atau dipaksakan berkaitan karena pada suatu massa kata-kata tersebut sangat bertalian erat dengan propaganda, misalnya kata perang dunia, konspirasi politik, media, pemerintah, pembodohan massal, informasi yang salah, hingga mengacu ke kata fasisme, nazi bahkan sosialisme. Sulit rasanya menyandingkan propaganda dengan demokrasi, padahal diakui oleh pakar public relation, Edward L.Bernays bahwa propaganda adalah tujuan komunikasi dalam masyarakat yang berdemokrasi.

Stigma yang negatif tentang propaganda tidak akan terbentuk tanpa adanya suatu rekayasa sosial, dan rekayasa sosial tanpa melanggar hak asasi manusia tidak akan terwujud tanpa adanya komunikasi persuasif untuk mempengaruhi masyarakat (audiens) yang menjadi targetnya. Inti dari komunikasi persuasif adalah propaganda, dengan demikian dapat dimungkinkan bahwa stigma negatif tentang propaganda merupakan produk dari propaganda itu sendiri.

Terlepas dari stigma negatif tersebut, pada kesempatan kali inisaya mencoba mengupas propaganda dari sisi ilmiah dengan berpijak pada literatur dan sejarahmengenai propaganda. Harapan saya agar pembaca mendapatkan perspektif yang baru dari propaganda dengan demikian dapat menjadi bahan evaluasi dan pemberdayaan bagi pembaca dalam merefleksikan propaganda.

Pada awal mulanya, propaganda dipakai untuk mengembangkan dan memamerkan agama Khatolik Roma baik di Italia maupun Negara-negara lain. Ditahun 1992, tak lama setelah perang 30 tahun, untuk pertama kalinya kata propaganda digunakan. Sti Paus Gregory menggunakan istilah propaganda untuk menamakan panitia khusus untuk menyebarkan keyakinan. Panitia tersebut bernama Congregatio de Propaganda Fide (kelompok penyebar keyakinan). Tugas utama kelompok ini adalah menyebarkan doktrinasi katholik ke dalam Negara-negara non-katolik (wilayah misi). Conggregatio de Propaganda Fide adalah komite tetap cardinal yang bertanggung jawab atas aktivitas misionaris katolik Roma sejak 1622.


BukuSosial Politik ini terdiri dari 5 bab yang terdiri dari pendahuluan, pembahasan tentang propaganda di Dunia Internasional, Praktik Propaganda, Moralitas bagi Propagandis, Melawan Propaganda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Sosial Politik - Berburu Rente di Pulau Batam

Buku Sosial Politik - Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance

Buku Sosial Politik - Kerumpangan dan Banalitas Politik