Buku Sosial Politik - Hukum Kelembagaan Negara

Buku Sosial Politik - Hukum Kelembagaan Negara

Penulis         : Dr. Isharyanto, S.H., M.Hum
Kategori       : Buku Referensi
Bidang Ilmu : Buku Sosial Politik

Buku Sosial Politik - Hukum Kelembagaan Negara | Buku ini membahas perkembangan lembaga-lembaga negara di Indonesia dalam perspektif hukum dan konstitusi. Pendekatan yang digunakan dalam kerangka pembahasan adalah pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan perbandingan hukum. Dalam hal ini, pendekatan perundang-undangan ditujukan untuk mengkonfirmasikan karakter penguraian isu-isu kelembagaan negara mengingat isu-isu tersebut sebenarnya dapat ditinjau dengan pendekatan politik, sosiologis, dan ekonomi. Penekanan perundang-ndangan dalam konteks ini adalah hukum dan konstitusi. Sementara itu, pendekatan konseptual digunakan untuk membahas isu kelembagaan Negara yang berkembang karena munculnya kasus-kasus hukum konkrit yang relevan. Sedangkan pendekatan perbandingan hokum digunakan untuk melakukan studi komparasi terutama dengan pengaturan di negara lain atas isu yang dibahas.

Dalam konteks Indonesia, perkembangan kelembagaan negara secara historis maupun akibat perubahan UUD 1945 telah memberikan warna yang khas dalam pemahaman dan peninjauan terhadap lembaga-lembaga negara. Pemahaman dan peninjauan itu tidak hanya dalam melakukan identifikasi, tetapi acapkali menyangkut hal-hal yang sifanya konseptual. Sebagai contoh, konsep pemisahan kekuasaan dengan penggambaran separasi kekuasaan legislatif, kekuasaan eksekutif, dan kekuasaan yudisial, tidak dapat lagi secara kaku digunakan untuk pemahaman dan peninjauan lembaga-lembaga negara dewasa ini. Demikian pula, praktik pengaturan dan persoalan-persoalan yang menyangkut lembaga negara nonstructural dengan rupa-rupa nomenklatur seperti komisi, dewan, badan, dan sebagainya, menjadi sesuatu yang baru dalam khasanah ketatanegaraan Indonesia dewasa ini. Oleh karena itu, buku sosial politik ini diharapkan menjadi pengantar dalam melakukan pemahaman dan peninjauan lembaga-lembaga Negara di Indonesia dan diharapkan juga mampu menjadi rintisan untuk kajian-kajian spesifik kasuistis terkait dengan isu tersebut, misalnya kedudukan dan kewenangan Presiden, prosedur legislasi setelah munculnya Dewan Perwakilan Daerah, dan sebagainya.


Kekhususan buku sosial politik ini adalah uraian mengenai lembaga-lembaga Negara dilakukan dengan bahasa yang relative mudah dipahami dan dalam hal-hal tertentu, tidak hanya menyajikan kerangka normative belaka, akan tetapi juga historiografi dan perbandingan di Negara lain. Pembaca dengan demikian didorong senantiasa berfikir kritis dan obyektif apabila kemudian melanjutkan aktivitas intelektual untuk mengkaji kasus-kasus yang relevan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Sosial Politik - Berburu Rente di Pulau Batam

Buku Sosial Politik - Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance

Buku Sosial Politik - Kerumpangan dan Banalitas Politik