Buku Sosial Politik - Berburu Rente di Pulau Batam

Buku Sosial Politik - Berburu Rente di Pulau Batam

Penulis         : Dr. Muchid Albintani
Kategori       : Buku Umum
Bidang Ilmu : Buku Sosial Politik

Buku Sosial Politik - Berburu Rente di Pulau Batam | Buku ini mengulas eksistensi kawasan industri di Pulau Batam, Indonesia dan Pulau Pinang, Malaysia. Arti penting ulasan ini dilihat dari tiga ciri utama. Pertama, kedua-dua kawasan tersebut merupakan kawasan pertumbuhan industri yang pesat lebih dari tiga puluh tahun terakhir. Kedua, kedua-dua kawasan itu secara ekonomi diuntungkan dengan kerangka kerja pemerintahan negara dalam melayani kepentingan pasar global [kapitalisme]. Ketiga, kedua-dua kawasan tersebut pada konteks sistem pemerintahan sama-sama berada dalam sistem politik pemerintahan otoritarian, walaupun untuk konteks Indonesia ada Reformasi.

Berhubungan dengan studi ini pada kedua-dua kawasan tersebut telah dilakukan oleh Kelly (2004). Berbeda dengan studi ini, Kelly terfokus pada hubungan industrialisasi dan Masyarakat Madani di Pulau Batam dan Pulau Pinang. Sementara hubungan negara dengan kebijakan industrialisasi terhadap kapital [modal], dilakukan oleh Hadi (2005). Berbeda dengan studi ini, Hadi memfokuskan kebijakan industrialisasi pada modal Jepang terhadap era kepemimpinan Presiden Soeharto, Indonesia dan PM Mahathir Mohammad, Malaysia.

Berdasarkan pada kedua studi tersebut, tulisan ini memfokuskan telaahnya pada eksistensi kawasan industri di Pulau Batam, Indonesia dan Pulau Pinang, Malaysia dalam konteks sistem politik pemerintahan Indonesia yang sudah mengalami reformasi [transisi menuju transformasi demokrasi], dan sistem politik pemerintahan Malaysia yang masih relatif otoriter.


Menurut Batam POS, Ada beberapa poin menarik dan penting dari buku Sosial Politik ini. Penting dan menarik adalah dua komponen utama sebuah karya tulis. Ia tak mesti berjalan beriringan. Mereka dapat terpisah pada tiap-tiap topik tulisan. Boleh jadi ada sebuah tulisan yang sangat menarik untuk dibaca, kendati sesungguhnya ia tak penting-penting amat untuk diketahui khalayak. Sebaliknya, ada pula sebuah tulisan yang sejatinya sangat penting bagi publik, namun ia bukanlah isu yang menarik untuk diikuti orang banyak boleh jadi karena dianggap terlalu ’berat’. Di buku Sosial Politik ini, kedua komponen itu dapat diramu Bang Muchid dengan baik. Poin penting dan menarik yang saya catat itu adalah, pertama, judulnya cukup menarik, meski terkesan ’bombastis’ dan agak berbau ’separatisme’. Kedua, paparan tentang kuatnya intervensi ’Negeri Singa’ di Pulau Batam. Poin ketiga, perihal kebijakan pemerintah pusat di Pulau Batam yang berubah-ubah, yang menimbulkan ketidakpastian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Sosial Politik - Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance

Buku Sosial Politik - Kerumpangan dan Banalitas Politik