Buku Sosial Politik - Ahok Oh Ahok! Sudut Pandang Komunikasi dan Budaya

Buku Sosial Politik - Ahok oh Ahok


Penulis         : Alfi Syahri, S.Sos., M.I.Kom
Kategori       : Buku Umum
Bidang Ilmu : Buku Sosial dan Politik

Buku Sosial Politik - Ahok oh Ahok! Sudut Pandang Komunikasi dan Budaya  karya Alfi Syahri, S.Sos., M.I.Kom., merupakan karya sederhana sebagai upaya introspeksi diri, untuk dan bagi “banyak” umat muslim mayoritas di negeri tercinta. Ahok membuka begitu banyak tabir gelap tentang pertarungan media massa, komodifikasi berita Ahok, komunikasi dan komodifikasi, pluralisme yang bagaimana, aktualisasi berpandangan konstruktivis, perspektif budaya lokal, gaya komunikasi berbasis diri Ahok, Ahok dalam perspektif nama, bahasa Ahok, China, karakter bahasa, berbuat, pembuka karakter NU, definisi penistaan agama, kurun waktu 40 tahun, dan pilihan cara pandang.

Buku ini membawa kita untuk dapat memahami suatu masalah tidak hanya dilihat dari satu sudut pandang. Penulis menguraikan bahasan terkait Ahok dengan sangat rinci, sehingga pembaca dengan mudah mendapat gambaran  yang jelas tentang permasalahan yang sempat menjadi topik utama tersebut.

Mendengar kata Ahok (Basuki Tjahaja Purnama), yang tersirat dalam pemikiran banyak orang, baik yang menghujat dan memuja dirinya adalah unik, dan khas. Unik karena membuka mata dan pemikiran ba nyak orang tentang gaya kepemimpinan dan bertutur kata yang berbeda. Menjadikan dirinya terhadak lupa bahwa ia tokoh publik (person) bukan pribadi (self). Pembedaan dua posisi dan menimbulkan banyak kata dari posisi berbeda dirinya. Hingga belajar budaya menjadi bagian penting untuk suksesi diri bagi Ahok.

Permasalahannya bukan hanya pada penempatan diri sebagai person dan self, juga melibatkan gaya tutur dalam “komunikasi rakat”‖, penghayatan dari nilai-nilai budaya dominan yang tercipta dari kehendak “banyak”‖ (baca: mayoritas muslim Indonesia). Arus budaya yang kuat untuk menentukan siapa, mau jadi apa, dan dengan penilaian seperti apa, masalah pesan, bisa disepakati bersama dalam penerimaan kelompok besar melalui kehendak  “banyak”.

Dalam buku sosial politik setebal 74 halaman ini, penulis mengulas habis tentang Ahok. Mulai dari Ahok Dalam Perspektif Emik, Deskripsi Murni Objektif, Gaya Komunikasi Ahok, Satu Kata untuk Ahok, dan juga menjelaskan apa itu penista agama.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Sosial Politik - Berburu Rente di Pulau Batam

Buku Sosial Politik - Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance

Buku Sosial Politik - Kerumpangan dan Banalitas Politik